PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

TRISMA YULITA, NIM. 14270133 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TRISMA YULITA (14270133).pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Membaca itu penting karena sebagai sarana seseorang terutama untuk anak-anak mulai belajar berkomunikasi. Membaca memerlukan suatu keterampilan yang kompleks, untuk itu diperlukan model yang menarik ketika pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran keterampilan membaca adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan membaca siswa kelas V sebelum menerapkan model pembelajaran CIRC, bagaimana keterampilan membaca siswa kelas V sesudah menerapkan model pembelajaran CIRC, dan adakah pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca siswa kelas V sebelum menerapkan model pembelajaran CIRC, untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca siswa kelas V sesudah menerapkan model pembelajaran CIRC, dan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V MI Ma’had Islamy Palembang yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data adalah siswa kelas V dan guru MI Ma’had Islamy Palembang. Analisis data menggunakan rumus statistik uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan membaca siswa kelas V sebelum menerapkan model pembelajaran CIRC mendapat skor rata-rata 45. Sedang keterampilan membaca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang sesudah menerapkan model pembelajaran CIRC mengalami peningkatan skor mean atau rata-rata menjadi 86. Berdasarkan hasil pre- test dan post-test, dapat diberikan interpretasi terhadap dengan terlebih dahulu memperhitungkan df atau db-nya. df atau db = N-1 = 27-1 = 26, dengan df sebesar 26 peneliti berkonsultasi pada tabel nilai “t”. Dengan df sebesar 26 itu maka diperoleh kritik t atau tabel pada signifikansi 5% sebesar 2,06 sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 2,78. Dari proses membandingkan besarnya “t” maka dapat diketahui bahwa lebih besar daripada yaitu 2,06<18,51>2,78. Karena lebih besar daripada maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh yang signifikan melalui penerapan CIRC terhadap keterampilan membaca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang. Kata Kunci: Pengaruh Model Pembelajaran CIRC dan Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:30
Last Modified: 14 Feb 2019 08:30
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item