PENGARUH METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 MUARA ENIM

FITRIYANI, NIM. 14270040 (2018) PENGARUH METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 MUARA ENIM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FITRIYANI (14270040).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa untuk memahami konsep yang abstrak di dalam lingkungan belajar berdasarkan pengalaman yang didapat dari proses belajar mengajar. Meningkatkan pemahaman konsep siswa diperlukan metode pembelajaran agar suatu materi yang diajarkan mudah dipahami oleh siswa, diantaranya metode information search. Metode information search merupakan metode pembelajaran untuk mencari informasi dari berbagai sumber dengan tujuan agar siswa dapat berfikir, serta melatih kemampuan siswa dalam menggunakan struktur kognitifnya secara penuh dan terarah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman konsep siswa sebelum diterapkan metode information search, bagaimana pemahaman konsep siswa sesudah diterapkan metode information search, adakah pengaruh metode information search terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode information search, dan untuk mengetahui adakah pengaruh metode information search terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen tipe pre-experimental designs dengan bentuk the one group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 103 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas IV B yang berjumlah 21 orang siswa. Alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus TSR dan uji “t”. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pemahaman konsep siswa sebelum penerapan metode information search terkategori tinggi berjumlah 5 orang (23%), kategori sedang berjumlah 11 orang (54%) dan kategori rendah berjumlah 5 orang (23%). Sedangkan pemahaman konsep siswa sesudah penerapan metode information search terkategori tinggi berjumlah 5 orang (24%), kategori sedang berjumlah 14 orang (67%) dan kategori rendah berjumlah 2 orang (9%). Pengaruh metode information search terhadap pemahaman konsep siswa terdapat perbedaan yang signifikan, karena t o = 5,98 lebih besar dari t tabel baik pada taraf 5%: t t = 2,08 maupun taraf 1%: t t = 2,84. Jadi, hipotesis nihil yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif diterima, ini bearti bahwa adanya pengaruh metode information search terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Muara Enim. Kata Kunci: Metode Information Search, Pemahaman Konsep Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:32
Last Modified: 14 Feb 2019 08:32
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3398

Actions (login required)

View Item View Item