PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING STARTEGY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SD NEGERI 14 BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi)

Rinaldi, M. Catur (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING STARTEGY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SD NEGERI 14 BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, guru harus pandai memilih metode, model, media dan strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa dapat memahami, mencerna, dan mengingat kembali materi yang disampaikan guru serta menarik minat mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan mampu memilih media yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa tersebut. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana hasil belajar siswa pre test pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam baik dikelas eksperimen maupun dikelas kontrol ? Kedua, Bagaimana hasil belajar siswa post test pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam baik dikelas eksperimen maupun dikelas kontrol ? Ketiga, Apakah ada perbedaan hasil belajar post test, setelah diberikan perlakuan baik dikelas eksperimen maupun kelas kontrol ? Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang dimaksudkan adalah latar belakang berdirinya sekolah, data yang terkait dalam bentuk-bentuk huruf, sedangkan data kuantitatif berupa jumlah populasi dan sampel penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. A dan III. B sebagai sampel. Sedangkan sumber data sekunder adalah hal-hal yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji t. Ketiga hasil Uji “t” menyatakan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Genius Learning Strategy dikelas III. A (kelas eksperimen), mengalami perbedaan yang signifikan dibandingkan sebelum penerapan model Pembelajaran Genius Learning Strategy pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yakni t_t t.s 5 % < t_o > t_t t.s 1 % , atau 2,00 < 5,828 > 2,65, ini berarti Hipotesis Alternatif diterima, yaitu terdapat pengaruh yang sangat berarti (signifikan) hasil belajar siswa Kelas III. A (kelas eksperimen) antara sebelum dan setelah penerapan model Genius Learning Strategy pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 14 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Keempat hasil Uji “t” menyatakan bahwa tidak ada perbedaan antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan dikelas III. B (kelas kontrol), yakni t_t t.s 5 % < t_o< t_t t.s 1 % , atau 2,00 < -0,173 < 2,65, ini berarti Hipotesis nihil ditolak, yaitu tidak terdapat pengaruh yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas III. B (kelas kontrol). Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dengan begitu berarti ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya model Genius Learning Strategy, terbukti juga dengan adanya kelas kontrol dapat menjadi perbandingan dalam melihat dari hasil analisis uji t.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Genius Learning Strategy, proses pembelajaran, strategi pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:57
Last Modified: 26 Apr 2016 07:57
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item