TRISNAWATI, NIM. 13290107 (2018) IMPLEMENTASI KOMITE SEKOLAH DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TRISNAWATI (13290107).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Implementasi Komite Sekolah di SMP Negeri 10 Palembang”. Komite sekolah merupakan suaru badan atau lembaga non profit dan non politis, dibentuk berdasarkan musyawarah yang demokratis oleh para stakeholder pendidikan pada tingkat satuan pendidikan sebagai representasi dari berbagai unsur yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan. Sesuai dengan latar belakang masalah dan rumusan masalah maka pembahasan ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana implementasi komite sekolah yang ada di SMP Negeri 10 Palembang. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi komite sekolah di SMP Negeri 10 Palembang. Dalam Implementasi Komite sekolah di SMP Negeri 10 Palembang, dilaksanakan dengan mengoptimalkan empat peran komite sekolah, yakni komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), komite sekolah sebagai pendukung (supporting agency), komite sekolah sebagai pengontrol (controlling agency), dan komite sekolah sebagai mediator (mediator agency). Dalam penelitian penulis menggunakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua komite sekolah sebagai key informan sedangkan guru dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara ditunjukkan kepada ketua komite sekolah, guru dan kepala sekolah. Dokumentasi digunakan untuk menghimpun data tentang implementasi komite sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan analisis penulis bahwa, implementasi komite sekolah di SMP Negeri 10 Palembang dalam pelaksanaannya sudah tergolong baik. Hal ini dapat dibuktikan dalam pelaksanaan empat peran komite sekolah sudah berjalan sesuai yang diinginkan. Dengan memberikan masukan dalam penusunan RAPBS, memberian dukungan berupa masalah pembiyaan, komite sekolah sebagai pengontrol, dan komite sebagai mediator atau jembatan antara orangtua murid dan pihak sekolah. Faktor penghambat dalam hal partisipasi orang tua murid masih kurang, sulitnya dalam mengumpulkan orang tua murid dikarenakan kesibukan masing-masing orang tua. Faktor yang mendukung dalam implementasi komite sekolah meliputi: penguatan kelembagaan komite sekolah, kemampuan organisasional komite sekolah, menjalin kerja sama dengan institusi terkait, dan partisipasi orang tua murid. Kata Kunci : Komite Sekolah, Implementasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:35 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:35 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3455 |
Actions (login required)
View Item |