PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANYUASIN II

TOMI ARISANDI VALENTINO, NIM. 12 222 110 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANYUASIN II. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TOMI ARISANDI VALENTINO (12 222 110).pdf

Download (969kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a macth dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP Negeri 1 Banyuasin II. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banyuasin II. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi berupa catatan pengamatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan metode Make A Match. Adapun jenis aktivitas yang diamati berupa jenis Visual activities, oral activities, listening activities, motor activities, mental activities, dan emotional activities. Analisis data menggunakan uji-t, Uji ini dilakukan dengan membandingkan hasil data observasi aktivitas siswa pertemuan ke-2 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan taraf signifikan (α) sebesar 5%. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung = 2,102 > t tabel = 1,671) maka Ho ditolak. Dalam hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Make A Match Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Kata Kunci : Aktivitas Belajar ; Make A Macth

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:35
Last Modified: 14 Feb 2019 08:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item