PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MI AL ADLI PALEMBANG

NUZUL LIYANA, NIM. 14270088 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MI AL ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NUZUL LIYANA (14270088).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul pengaruh penerapan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IV Mi Al Adli Palembang. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang merapkan model Take and Give dan hasil belajar siswa di kelas kontrol yang tidak diterapkan model Take and Give pada mata pelajaran PKn kelas IV MI Al Adli Palembang, serta mengetahui terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IV MI Al Adli Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian True-Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan data kualitatif sumber data yang diperoleh yaitu data primer dari siswa guru dan kepala madrasah dan data sekunder bersifat penunjang dalam penelitian ini. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Take and Give secara umum pada persentase 50,00% dan hasil belajar siswa yang tidak diterapkan moodel tersebut juga berada pada kategori sedang dengan persentase 46,67%. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t”. Karena “t 0 ” = 8,278 lebih besar dari t tabel baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%, dengan rincian 2,01<8,278>2,68 maka hipotesis nihil ditolak dan alternativ diterima. Berarti antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Kata kunci :Take and Give, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:36
Last Modified: 14 Feb 2019 08:36
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3489

Actions (login required)

View Item View Item