PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 PEDAMARAN TIMUR

NININ ARIVA, NIM. 13221051 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 PEDAMARAN TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NININ ARIVA (13221051).pdf

Download (14MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kreativitas belajar siswa di SMP Negeri 3 Pedamaran Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas dan dua kelas tersebut sebagai sampel, yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes sebagai pengukur kreativitas belajar siswa ranah kognitif dan lembar observasi sebagai data penunjang data tes sebagai pengukur kreativitas belajar siswa ranah afektif. Analisis data tes yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan = 0,05% diperoleh t hitung = 4,582 dan t tabel = 1,708 dan analisis data tes menggunakan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kreativitas belajar siswa di SMP Negeri 3 Pedamaran Timur. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Kreativitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:36
Last Modified: 14 Feb 2019 08:36
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item