UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI SMA N 8 PALEMBANG

MUHAMMAD ARIO HUSIN, NIM. 13210179 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI SMA N 8 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD ARIO HUSIN (13210179).pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Membicarakan karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Karakter adalah mustika hidup yang membedakan antara manusia dengan binatang. Manusia tanpa karakter adalah manusia yang sudah “membinatang”. Orang-orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial ialah mereka yang memilki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Mengingat begitu urgennya karakter, maka institusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkanya melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengungkap bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter disiplin siswa di SMA N 8 Palembang. 2) Untuk mengungkap faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter disiplin di SMA N 8 Palembang. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Pihak yang diwawancarai adalah guru pendidikan agama islam di SMA N 8 Palembang. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian yaitu : 1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter disiplin siswa di SMA N 8 Palembang dikategorikan baik, karena upaya yang guru pendidikan agama islam telah lakukan mulai dari membiasakan, melatih, membimbing, memberi teladan, memberi perhatian, memberi hukuman kepada siswa, dan memberi hadiah (Reward) kepada siswa ini telah dilaksanakan dengan cukup baik agar siswa selalu berdisiplin dalam kesehariannya. 2) Faktor pendukung meliputi kurikulum sekolah yang sesuai pemerintah, kebiasaan di lingkungan sekolah yang berperilaku baik, adanya kebersamaan dari masing-masing guru dalam pembinaan karakter siswa serta motivasi dari masing-masing guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan masyarakat (pergaulan) siswa yang kurang baik. Kurangnya kesadaran siswa bahwa perlunya kedisiplinan dalam hidup. Kata kunci: upaya guru pendidikan agama islam dalam membina karakter disiplin siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:36
Last Modified: 14 Feb 2019 08:36
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item