PENGARUH MODEL COOPERATIFE LEARNING TIPE NUMBEREDS HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PROTISTA KELAS X MIA MAN 2 PALEMBANG

TRI SEPTIANA DEWI, NIM. 13222105 (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIFE LEARNING TIPE NUMBEREDS HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PROTISTA KELAS X MIA MAN 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TRI SEPTIANA DEWI (13222105).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran cooperatife learning tipe numbereds heads together (nht) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi protista kelas X MIA MAN 2 palembang. model pembelajaran cooperatife learning tipe numbereds heads together (nht) adalah model yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak peserta didik dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperatife learning tipe numbereds heads together (nht) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi protista kelas X MIA MAN 2 palembang Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive sampling dari 4 kelas diambil 2 kelas dimana kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagaia kelas eksperimen Berdasarkan hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperatife learning tipe numbereds heads together (nht) lebih baik dari pada model pembelajaran diskusi, Tanya jawab dan ceramah. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji-t kemampuan berpikir kritis siswa menunjukan sebesar sig t hitung 0.001 < 0.05 maka Ha diterima dan H 0 ditolak. Hasil analisis peningkatan rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen 76.6% sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol 59.2%, artinya kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis kelas kontrol. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran cooperatife learning tipe numbereds heads together (nht) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA MAN 2 Palembang. Dari hasil penelitian diatas Berdasarkan kendala-kendala yang ada maka saran untuk peserta didik, bahwa sebaiknya peserta didik dapat memanfaatkan waktu belajar sebaik mungkin dan ketika ada waktu luang sebaiknya memanfaatkan fasilitas yang ada untuk melakukan diskusi dan belajar kelompok atau melakukan kegiatan pembelajaran yang efektif menggunakan keterampilan berpikir kritis Kata Kunci: Numbereds Heads Together; kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:37
Last Modified: 14 Feb 2019 08:37
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3574

Actions (login required)

View Item View Item