KINERJA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMPN 01 DESA TANJUNG TIGA KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABUPATEN MUARA ENIM

SEPRIADI, NIM. 14210219 (2018) KINERJA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMPN 01 DESA TANJUNG TIGA KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABUPATEN MUARA ENIM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SEPRIADI (14210219).pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini adalah Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMPN 01 Desa Tanjung Tiga Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Permasalahan yang berkenaan dengan akhlak siswa yang terjadi di SMPN 01 Desa Tanjung Tiga, adanya siswa yang sering bolos sekolah, berkelahi dengan sesama teman, merokok, tidur dikelas kurang sopan dengan guru serta guru kurang memberikan teladan kepada siwa-siswi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Bagaimana kinerja guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMPN 01 Tanjung Tiga? Apa saja faktor penghambat dan pendukung kinerja guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMPN 01 Tanjung tiga? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menujukan; (1) Kinerja guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 01 Tanjung Tiga masih kurang dalam hal kedisiplinan baik kedisiplinan dalam mengajar maupun ketepatan waktu datang kesekolah. Secara pemehaman materi guru pendidikan agama Islam sudah cukup memahami akan tetapi guru pendidikan agama Islam masih menerapakan metode konvensional. Adapun pelanggaran akhlak yang sering dilakukan oleh siswa di SMPN 01 Tanjung Tiga, bolos, tidak sopan dengan guru, merokok, berkelahi dengan sesama teman, dan buang sampah sembarangan. Akan tetapi guru pendidikan agama Islam ada upaya dalam membina siswa yang bermasalah tersebut yaitu dengan cara diberikan teguran dan hukuman serta ada ekstrakurikuler keagamaan yang dibina langsung oleh guru pendidikan agama Islam. (2) Faktor pendukung adanya kerja sama guru, kerja sama dengan orang tua dan masyarakat sekitar. Sedangkan penghmbatnya kurangnya kesadaran dan minat siswa serta kurangnya didikan dari keluaraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:42
Last Modified: 15 Feb 2019 01:42
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3653

Actions (login required)

View Item View Item