PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA AL-FATAH PALEMBANG

SARIKA LESTARI, NIM. 13210246 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
Sarika Lestari (13210246).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Fatah Palembang”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini: sebagian siswa kurang aktif untuk belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, suasana kelas yang kurang tertib dan guru sejarah kebudayaan islam sering tidak masuk ketika mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini, Untuk mengetahui Pengaruh kecerdasan emosional guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), yang langsung dilakukan dilapangan melalui penyebaran soal angket kepada siswa/i kelas X MIA 2 MA Al-Fatah Palembang. Adapun Jenis datanya Kuantitatif yaitu: hasil jawaban soal angket Kecerdasan Emosional Guru Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Fatah Palembang, akan dekelola secara Statistik dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Sumber data Primer yaitu, Penyebaran soal angket kepada siswa dan guru. Sedangkan sumber data Sekunder yaitu, diantaranya data sekolah, visi dan misi, lingkungan, sarana dll. Dalam penelitian ini yang menjadi Populasi yaitu seluruh kelas X di MA Al-Fatah Palembang yang berjumlah 134 siswa, dan Sampel pada penelitian hanya mengambil sampel 1 kelas yaitu kelas X MIA 2 yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Pengumpulan datanya melalui: Observasi yaitu, mengamati secara langsung guru, siswa dan tempat penelitian. Kuesioner yaitu, penyebaran soal angket kepada siswa kelas X MIA 2. dan Dokumentasi. Setelah data diolah dan dianalisis menggunakan rumus statistik, adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: kecerdasan emosional guru Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Fatah Palembang dalam kategori cukup/sedang, hal ini bisa dilihat, yaitu 8 orang responden yang menyatakan (Ya), kemudian 21 orang responden menyatakan tidak. Sedangkan, Minat Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Fatah Palembang adalah termasuk dalam kategori Rendah, yaitu 2 orang responden yang menyatakan Ya, 15 orang responden menyatakan kadang, dan yang menyatakan tidak 15 orang responden. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kecerdasan emosional guru Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Minat Belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Fatah Palembang. Berdasarkan hasil analisa statistik, bahwa rᵪᵧ lebih besar dari r tabel , baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:34
Last Modified: 15 Feb 2019 02:34
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item