Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Kecerdasan Musik Religi Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang

SADAM HUSEN, NIM. 11210167 (2017) Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Kecerdasan Musik Religi Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SADAM HUSEN (11210167).pdf

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Kecerdasan Musik Religi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang”. Peran guru dalam mengajarkan materi pelajaran kepada siswa dengan menggunakan musik atau kegiatan ekstrakulikuler musik yang dibiasakan pada siswa baik itu menggunakan media musik atau langsung menggunakan alat musik diasumsikan mampu meningkatkan kecerdasan musik religi pada siswa. Kegiatan ekstrakulikuler yang mengacu pada musik religi siswa dan pelaksanaan pembelajaran siswa yang sering menggunakan musik dikelas yang tentunya dengan tak luput dari perhatian dan tanggung jawab guru yang mengajar dikelas membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah tentang peran guru kelas dalam meningkatkan kecerdasan musik religi siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musik Religi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang ? Bagaimana Kecerdasan Musik Religi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk kata dan angka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Azizan Kecamatan Sako Kota Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran guru merupakan hal utama yang mempengaruhi siswa dalam meningkatkan kecerdasan musik religi siswa, meskipun siswa sering mendapatkan pelajaran tentang musik diluar lingkungan sekolah, maka tidak akan meningkat dengan maksimal tanpa peran dari guru yang mengajar tentang musik di kelas. Baik dalam setiap pembelajaran maupun dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah pada setiap jadwal yang telah ditentukan. Dari pengukuran yang dilakukan peneliti, maka didapatkan bahwa siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang mengalami peningkatan kecerdasan musik religi yang signifikan, hal tersebut dibuktikan dari hasil yang didapatkan pada perbandingan pengukuran awal dan hasil pengukuran yang dilakukan setelah guru melakukan proses perbaikan. Jadi, berdasarkan kriteria hasil pengukuran kecerdasan musik religi siswa, maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Azizan Sako Palembang mengalami peningkatan dengan adanya peran guru yang mengajar di kelas. Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Musik Religi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:45
Last Modified: 15 Feb 2019 07:45
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item