PENGARUH ALAT PERAGA KARTU POSITIF NEGATIF (POSINEGA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG

RIRIN SEPTA HERA ASTUTI, NIM. 14270106 (2018) PENGARUH ALAT PERAGA KARTU POSITIF NEGATIF (POSINEGA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
RIRIN SEPTA HERA ASTUTI (14270106).pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Alat peraga merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran. Alat peraga yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat peraga kartu positif negatif (Posinega). Alat peraga ini berfungsi untuk pemahaman konsep awal siswa sehingga nantinya diharapkan berpengaruh terhadap hasil belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut bagaimanakan penggunaan alat peraga kartu posinega pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang?, Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang setelah diterapkannya alat peraga kartu posinega?, apakah ada pengaruh alat peraga kartu posinega terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang? Untuk menjawab permasalah tersebut, dilakukan penelitian eksperimen. Jenis penelitian yang dilakuan adalah penelitian true Experimental design dengan desain penelitian Posttest-only control design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak karena sifat populasi yang homogen. Dalam penelitian ini kelas VA sebagai kelas yang menggunakan kartu posinega, dan kelas VB sebagai kelas yang menggunakan garis bilangan. Instrumen yang diujikan adalah tes uji coba kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang diujikan adalah tes uji coba kepada kedua kelas yang berupa hasil belajar matematika siswa, sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 4,784427, sedangkan untuk t tabel dengan dk = 72 taraf signifikan 5% diperoleh t tabel = 1,99. Karena t hitung > t tabel, yang berarti H 0 ditolak dan H a diterima. Oleh karena itu, data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan kartu posinega lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar yang menggunakan garis bilangan. Dengan demikian penggunaan kartu posinega dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci : Alat Peraga Kartu Posinega, Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:01
Last Modified: 21 Feb 2019 01:01
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item