PENGARUH PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK KIMIA YTK PALEMBANG

RIRIN SARTIKA, NIM. 14210200 (2018) PENGARUH PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK KIMIA YTK PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
Ririn Sartika (14210200).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh program full day school terhadap pembentukan karakter siswa di SMK Kimia YTK Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya sistem full day school sebagai upaya penanaman pendidikan karakter kepada siswa. Permasalahan yang muncul adalah masyarakat yang masih kontra terhadap penerapan sistem full day school dapat memberikan dapat dan memperbaiki karakter anak. Untuk menjawab hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan pada karakter religius siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan program full day school di SMK Kimia YTK Palembang, 2) Mengetahui karakter religius siswa di SMK Kimia YTK Palembang, 3) Mengetahui adakah pengaruh program full day school terhadap pembentukan karakter siswa di SMK Kimia YTK Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pene;itian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Kimia YTK Palembang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive sebanyak 26 siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah program full day school dan variabel terikatnya (Y) yaitu karakter siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini membuktikan program full day school dalam kategori baik (65,38%) dan karakter religius siswa dalam kategori baik (61,54). Dari analisis data dengan menggunakan rumus statistik dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara program full day school terhadap pembentukan karakter siswa di SMK Kimia YTK Palembang, baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1% untuk lebih jelasnya dapat dilihat hasil dan sebagai berikut 0,388 > 0,020 < 0,496. Kata kunci: full day school, karakter religius siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:11
Last Modified: 21 Feb 2019 01:11
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3682

Actions (login required)

View Item View Item