PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG

Rika Aprilia, NIM. 14270102 (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
RIKA APRILIA (14270102).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. Salah satu faktor yang ikut berperan dalam menentukan terlaksananya proses pembelajaran dalam kelas adalah penerapan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang dapat menciptakan kondisi dan suasana belajar yang kondusif, efektif sesuai tujuan pembelajaran. Karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1). bagaimana penerapan strategi pembelajaran IPA di MI Nurul Qomar Palembang? 2). Apa saja faktor pendukung penerapan strategi pembelajaran IPA di MI Nurul Qomar Palembang? 3). Apa saja faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran IPA di MI Nurul Qomar Palembang? Metodologi penelitian pada skripsi in merupakan jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa-siswi dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1). Dalam melakukan proses pembelajaran guru tidak mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu, dalam melakukan proses pembelajaran guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran tetapi dalam melakukan penerapan strategi pembelajaran IPA terdapat beberapa ketidaksesuaian dalam pemilihan strategi pembelajaran 2). Faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran IPA yaitu berupa adanya motivasi minat belajar dari dalam diri siswa serta ruang belajar yang cukup memadai serta tersedianya buku guru 3). Faktor penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran IPA yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran, kurangnya kemampuan guru dalam pemilihan dan pengaplikasian strategi pembelajaran serta kurangnya sumber belajar dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:04
Last Modified: 21 Feb 2019 02:04
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item