PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH SISWA KELAS X MAN 1 PALEMBANG

Rendy Saputra, NIM. 14 21 0193 (2018) PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH SISWA KELAS X MAN 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
RENDY SAPUTRA (14210193).pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul: PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH SISWA KELAS X MAN 1 PALEMBANG. Latar belakang penelitian ini adalah Adanya sebagian siswa yang tidak memperhatikan guru dan sibuk dengan kegiatannya masing-maing seperti bercerita dengan teman; Adanya beberapa siswa yang kurang memperhatikan guru dan asyik mengobrol dengan teman perkelompok; Adanya siswa yang sering keluar masuk kelas ketika guru menerangkan pembelajaran dikelas; Adanya sebagian siswa yang suka bermain-main ketika guru menerangkan pembelajaran dikelas; Dalam proses pembelajaran siswa cenderung lebih banyak diam, hanya menerima materi yag di sampaikan oleh guru tanpa ada memberikan pertanyaan ataupun tanggapan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas X IPA.1 (kelas kontrol) pada pembelajaran Fikih yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate di MAN 1 Palembang?, Bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X IPA.2 (kelas eksperimen) pada pembelajaran Fikih menggunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate di MAN 1 Palembang?, Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran Fikih siswa kelas X IPA.2 di MAN 1 Palembang?, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X. IPA.1 (27 orang) sebagai kelas kontrol dan kelas X. IPA. 2 (33 orang) kelas eksperimen. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan teknik uji t (tes T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas X IPA.1 (kelas kontrol) pada pembelajaran Fikih yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate di MAN 1 Palembang maka peneliti membagikan angket kepada peserta didik yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 27 responden kelas kontrol dengan item soal berjumlah 32 merupakan soal yang dibuat sesuai dengan indikator aktiviktas belajar melipui, kegiatan visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental dan emosional. Berdasarkan hasil rekapitulasi jawaban responden diketahui mean (x’) kelas kontrol adalah 81,34 dan standar deviasi (sd) adalah 3,14 sedangkan rekapitulasi jawaban responden kelas eksperimen diketahui mean (x’) adalah 94,81 dan standar deviasi (sd) adalah 4,22. Karena ―t 0 ‖ = 15, 903 lebih besar dari t t (baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1 %), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima. Berarti ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran lightening the learning climate untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran Fikih siswa di MAN 1 Palembang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran lightening the learning climate memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap aktivitas belajar dalam pembelajaran Fikih siswa di MAN 1 Palembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:17
Last Modified: 22 Feb 2019 02:17
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item