PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL- „ADLI PALEMBANG

RAHMATUSSAKINA, NIM. 14270094 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL- „ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
RAHMATUSSAKINA (1427094).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli palembang. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning, bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli Palembang. Dimana tujuan penelitian ini untuk menegtahui bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning dan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli di Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan True Experimental Design bentuk desain penelitian Posttest-only Control Design. Adapun populasinya seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli berjumlah 352dan Sampel yang dipilih siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas IV B sebagai kelas control berjumlah 28 siswa. Alat pengumpulan data merupakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data ini dengan menggunakan uji ”t”. Hasil dalam skripsi ini adalah menggunakan tes t untuk mengetahui adanya pengaruh antara hasil belajar kelas control dangan kelas eksperimen yang menggunakan dan tidak menggunakan model discovery learning. KKM mata pelajaran Matematikan di Madrasah Ibtidaiyah Al-„Adli Palembang yaitu 70, makan dapat dilihat bahwa siswa mendapatkan nilai tuntas di kelas eksperimen sebanyak 26 siswa (86, 7%) dan di kelas kontrol sebnyak 10 siswa (35,7%), sedangkan yang tidak tuntas dikelas ekperimen 4 siswa (13,3%) dan dikelas kontrol 18 siswa (64,3%). Dari hasil temuan ini maka dibuktikan dengan hasil pada uji-t yaitu thitung > ttabel (Karena 2,0042 < 4,57 > 2,6344), berarti H0 ditolak dan H1 di terima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi di bandingkan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bawah terdapat pengaruh Model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al-‘Adli palembang. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:33
Last Modified: 22 Feb 2019 06:33
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item