HUBUNGAN SIKAP OPTIMIS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3PALEMBANG

PERONIKA, NIM. 13210204 (2018) HUBUNGAN SIKAP OPTIMIS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
PERONIKA (13210204).pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Sikap Optimis Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 3 Palembang” Optimis adalah suatu harapan yang ada pada individu bahwa segala sesuatu akan berjalan menuju ke arah kebaikkan. Perasaan optimis membawa individu pada tujuan yang diinginkan, yakni percaya pada diri dan kemampuan yang dimiliki. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki atau diperoleh seseorang setelah ia melakukan kegiatan belajar. Hasil belajar yang diperoleh biasanya berupa pengetahuan atau keterampilan. Kemudian faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah diri siswa dan lingkungannya yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana sikap optimis siswa di SMP Negeri 3 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Palembang dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? Apakah ada hubungan yang signifikan antara sikap optimis siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui sikap optimis siswa di SMP Negeri 3 Palembang Untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Palembang dalam pembelajaran agama Islam Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara sikap optimis siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sumber data data dalam penelitian ini adalah: Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 27 siswa. Data diperoleh dengan metode angket, (kuesioner) observasi, wawancara dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu menggunakan rumus mean, standar deviasi, 0,453 TSR dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, sikap optimis siswa kelas VIII.2 di SMP Negeri 3 Palembang dikategorikan sedang karena dari 27 responden terdapat 12 responden yang menyatakan sedang (44,44%). Kedua, hasil belajar kelas VIII.2 di SMP Negeri 3 Palembang dikategorikan tinggi karena dari 27 responden terdapat 13 responden yang menyatakan tinggi (48,16%). Ketiga, Dengan diperoleh nilai product moment 0,453, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,381, sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh r tabel 0,487. berarti bahwa pada taraf signifikansi 5% itu memang terdapat korelasi positif yang signifikan antara sikap optimis siswa dan hasil belajar. Selanjutnya karena pada taraf signifikasi 1% r xy atau r o adalah lebih kecil dari pada r tabel (0,381<0,487), maka pada taraf signifikansi 1% itu Hipotesis nihil disetujui/ diterima, sedangkan Hipotesis Alternatif ditolak. Ini berati bahwa untuk taraf signifikansi 1% itu tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara sikap optimis siswa dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:08
Last Modified: 25 Feb 2019 08:08
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3721

Actions (login required)

View Item View Item