ENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-ADLI PALEMBANG

NYAYU RODIATAN MARDIAH, NIM. 14270089 (2018) ENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
Nyayu Rodiatan Mardiah (14270089).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi yang Berjudul Penerapan Model Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Mi Al-Adli Palembang. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan Model untuk menyajikan materi-materi pengajaran salah satunya Problem Solving. Problem Solving adalah model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pegajaran dan keterampilan. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa di kelas kontrol pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Al Adli Palembang ?, Bagaimana hasil belajar siswa di kelas eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Al Adli Palembang ?, Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Al Adli Palembang ? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan Model Problem Solving pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Al Adli Palembang, untuk mendeskripsikan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Al Adli Palembang dan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Problem Solving pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Al Adli Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian True-Experimental Design (eksperimen yang betul-betul) dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan data kualitatif sumber data yang diperoleh yaitu data primer dari siswa,guru dan kepala madrasah dan data sekunder bersifat penunjang dalam penelitian ini. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi Pada penerapan model pembelajaran ini siswa menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t”. Karena “t 0 ” = 6,371 lebih besar dari t tabel (baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%), maka hipotesis nihil ditolak dan alternative diterima. Berarti antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kelompok control terdapat perbedaan yang signifikan. Maka, mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al Adli Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:41
Last Modified: 04 Mar 2019 01:41
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3738

Actions (login required)

View Item View Item