NUR FEBRY FITRI YANTI, NIM. 14210342 (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
Text
Nur Febri Fitri Yanti (14210342).pdf Download (4MB) |
Abstract
Gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap, mengatur dan mengelola informasi. Gaya belajar menunjuk pada keadaan psikologi yang menentukan bagaimana seseorang menerima informasi. Sedangkan kemampuan berpikir kritis merupakan suatu perwujudan prilaku belajar terutama yang bertalian dengan pemecahan masalah. Pada umumnya peserta didik yang berpikir kritis akan menggunakan prinsip dan dasar pengertian dalam menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Adapun permasalahan dari data yang ada dijumpai peserta didik kurang dalam memperhatikan materi yang diajarkan guru dalam proses belajar mengajar, dikarenakan sebagian guru pengajar monoton dalam mengajar, seperti hal nya dalam pelajaran fiqih hanya menggunakan metode ceramah saja, setelah itu peserta didik disuruh membaca buku panduan sehingga menyebabkan peserta didik tersebut kurang mampu dalam berpikir kritis. Sebab itu peserta didik mengalihkan fokusnya dengan bermain bersama teman sebangku, menyandarkan kepala ke atas meja dengan demikian peserta didik sering tidak fokus saat belajar, peserta didik kurang aktif dalam bertanya, peserta didik kurang aktif dalam menanggapi pertanyaan teman, peserta didik kurang aktif saat berdiskusi dengan teman di kelas, dan peserta didik sulit dalam mengingat mengenai materi pelajaran. Menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya belajar peserta didik pada mata pelajara Fiqh kelas XI di MA Al-Fatah Palembang? Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Al-Fatah Palembang ? Dan adakah pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Al-Fatah Palembang ? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisa statistik sederhana yaitu menggunakan rumus persentase, TSR, dan teknik product moment. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, dengan menggunakan purvosive sampling. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi Berdasarkan hasil analisis diperoleh rxy = 0,629, untuk memberikan interpretasi terhadap rxy, maka lihat harga “r” tabel. Dalam hal ini df + N-nr = 64-2 =62, nilai tersebut terdapat dalam tabel dan diperoleh “r” pada taraf signifikan 5% = 0,246 dan pada taraf 1% = 0,319 maka 0,246<0,629>0,319. Melihat hasil rxy lebih besar dari taraf signifikan maka dapat dikatakan ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Selanjutnya mentransformasikan rxy tersebut dalam uji t, maka didapat t hitung = 6,4288> t tabel = 1,998, maka Ho ditolak, sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 03:31 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 03:31 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3744 |
Actions (login required)
View Item |