PENGARUH PENDEKATAN STUDENT CENTERED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI HIJRIAH II PALEMBANG

Nita Ayu Andira, NIM. 14270083 (2018) PENGARUH PENDEKATAN STUDENT CENTERED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI HIJRIAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
NITA AYU ANDIRA (14270083).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang, proses pembelajaran lebih di dominan oleh guru sedikit sekali kesempatan siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran, masih ada siswa tidak memperhatikan pembelajaran yang di sampaikan guru ketika pembelajaran berlangsung, kurangnya variasi seorang guru dalam menggunakan metode, model, dan pendekatan pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran kurang berjalan efektif manoton serta siswa mudah merasa bosan menerima materi tersebut. Karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan pendekatan student centered pada mata pelajaran ilmu pengetahuan Alam di kelas IV MI Hijriah II Palembang? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah di terapkan pendekatan student centered pada mata pelajaran ilmu pengetahuan Alam di kelas IV MI Hijriah II Palembang? 3) Bagaimana pengaruh pendekatan student centered pada mata pelajaran ilmu pengetahuan Alam di kelas IV MI Hijriah II Palembang? Metodelogi penelitian pada skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis penelitian Experimental Designs Tipe Pretest and Posttest yaitu terdapat suatu kelompok yang diberikan tratment/perlakuan dan selanjutnya di observasi hasilnya. Dengan design penelitian bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang kelas IV yang terdiri 4 kelas dengan jumlah 132 siswa , karena jumlah siswa 30 jadi sampel yang diambil menggunakan Simple random sampling prosedur pengambilan sampel randomnya menggunakan cara undian. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV D yang berjumlah 33 siswa. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar sebelum diterapkan Pendekatan Student centered siswa yang mendapat kategori tinggi ada 6 orang siswa (18%), 20 siswa (61%) termasuk kategori sedang dan 7 orang siswa (21%) dalam kategori rendah. Motivasi belajar siswa sesudah diterapkan Pendekatan Student Centered dapat dilihat siswa yang mendapat kategori tinggi ada 4 orang siswa (12%), 24 siswa (73%) termasuk kategori sedang dan 5 orang siswa (15%) dalam kategori rendah. Pengaruh pendekatan Student Centered terhadap motivasi belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan Karena t o = 15,69 lebih besar dari t tabel baik pada taraf 5 %: t t =2,03 maupun taraf 1 %; t t = 2,72 maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan Pendekatan Student Centered memberi pengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Kata-kata Kunci : Pendekatan Student Centered, Motivasi Belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:39
Last Modified: 04 Mar 2019 07:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item