PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII

ADE NURAINI, NIM. 14221002 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental design dengan bentuk the posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pembelajaran pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang ada di MTs Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 110 siswa. Dari data populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik cluster sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VIII.B dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan berupa tes yang berisi soal-soal matematika yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep siswa. Tes dilaksanakan sesudah menggunakan pendekatan PMRI. Berdasarkan hasil analisis data di dapat hasil kemampuan pemahaman konsep siswa yakni kelas eksperimen = 56,43 dan kelas kontrol = 42,19 dan untuk t hitung = 4,25 dan tabel = 2,00 sehingga H 0 ditolak dan H a diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Kata kunci : PMRI, Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa, Teorema Pythagoras

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:50
Last Modified: 08 Mar 2019 01:50
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item View Item