PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 22 PALEMBANG

Ayu Wandira, NIM. 14221013 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 22 PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk Posttest Only Control Design. Penelitian ini mengambil dua kelas dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada siswa. data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh t hitung = 4,7265 dan t tabel = 1,66629 dengan = 0,05 yang berarti t hitung > t tabel . Hal ini menunjukkan bahwa H a diterima yang berarti terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Kata Kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:12
Last Modified: 18 Mar 2019 04:12
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item View Item