UJANG JAMHARI, UJANG (2019) PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MELALUI PROGRAM MADRASAH BERASRAMA : STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI ARAHAN KECAMATAN MERAPI TIMUR KABUPATEN LAHAT. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
UJANG JAMHARI.doc Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian tentang Pembinaan Perilaku Keagamaan Siswa Melalui Program Madrasah Berasrama ( Studi pada Madrasah Aliyah Negeri Arahan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat ini berupaya menjelaskan beberapa permasalahan yang terkait dengan bagaimana bentuk pembinaan perilaku keagamaan yang diterapkan di madrasah berasrama MAN Arahan yang berdampak pada perubahan tingkah laku siswa. Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh sebuah upaya untuk mendikripsikan program madrasah berasrama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Arahan dalam membina perilaku keagamaan siswa. Permasalahan yang diteliti, pertama, apa saja bentuk-bentuk pembinaan perilaku keagamaan siswa madrasah berasrama MAN Arahan. Kedua Bagaimana perilaku keagamaan siswa madrasah berasrama MAN Arahan. Ketiga apakah pembinaan perilaku keagamaan madrasah berasrama MAN Arahan berdampak positif terhadap perubahan perilaku keagamaan siswa. Tujuan yang ingin dicapai pertama, mengetahui bentuk-bentuk pembinaan perilaku keagamaan siswa, pada program madrasah berasrama MAN Arahan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat. Kedua, perilaku keagamaan siswa, pada program madrasah berasrama MAN Arahan kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat. mengetahui Ketiga mengetahui dampak positif yang ditimbulkan oleh pelaksanaan pembinaan perilaku keagamaan siswa pada program madrasah berasrama MAN Arahan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan sasaran penelitian ini adalah pembinaan perilaku keagamaan siswa MAN Arahan. Dalam mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data interaktif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi secara mendalam, maka penelitian menyimpulkan bahwa, bentuk pembinaan perilaku keagamaan siswa, dilakukan dalam bentuk kurikulum formal yang terimpelmentasi dalam kurikulum rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), pembinaan dilakukan dalam bentuk ektrakurikuler yaitu kegiatan madrasah berasrama, pembinaan melalui kurikulum tersembuhyi yaitu dengan cara mengkondisikan lingkungan madrasah sehingga siswa terdorong untuk berperilaku sesuai dengan ajaran agama Islam. Selanjutnya pada program madrasah berasrama di MAN Arahan didapat bahwa siswa telah menjalankan shalat lima waktu bahkan dilakukan secara berjema’ah setiap waktu diikuti dengan kegiatan membaca al-Qur’an, mematuhi tata tertib madrasah, sehinggah dalam melaksanakan tugas sebagai pelajar, anak asrama juga dinilai baik, walau masih ada pelanggaran tata tertib oleh siswa madrasah berasrama MAN Arahan, namun hal tersebut masih dalam indikasi wajar, karena rata-rata siswa yang melakukan hal tersebut adalah siswa baru atau yang baru maasuk ke dalam lingkungan asrama madrasah. Demikian juga perilaku mereka terhadap kedua orang tua juga dinilai baik, perilaku mereka terhadap guru cenderung lebih sopan, jujur, dan rajin dibanding dengan anak yang tidak tinggal di asrama. Keadaan ini merupakan dampak posiftif dari pembinaan perilaku program madarasah berasrama pada Madrasah Aliyah Negeri Arahan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 21 May 2019 02:37 |
Last Modified: | 21 May 2019 02:37 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3797 |
Actions (login required)
View Item |