PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELIGENCES TEMA PENGALAMANKU KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PALEMBANG

Febriyanti, Febriyanti (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELIGENCES TEMA PENGALAMANKU KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Febriyanti (2).pdf

Download (478kB) | Preview
Official URL: http://pps.radenfatah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas prototife hasil pengembangan bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences pada pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku Kelas 1 MIN di Palembang. Mendeskripsikan hasil uji coba kepraktisan bahan ajar pembelajaran Tematik berbasis Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku Kelas MIN di Palembang, berdasarkan hasil evaluasi one to one dan hasil small group. Untuk Mengetahui efektivitas hasil pengembangan bahan ajar berbasis Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku Kelas 1 MIN di Palembang. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini mengadaptasi model Meredith D. Gall Jolly and Bollito dalam Brian Tomlinson, dan teori Martin Tessmer. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi: identifikasi masalah dan analisis kebutuhan; perencanaan, pengembangan dan penyusunan desain produk awal, validasi desain/expert review, perbaikan desain produk awal/main product revision, uji satu-satu/one-to-one evaluation, uji kelompok kecillsmall group evaluation, revisi desain akhir/final product revision, uji coba pemakaian/field test, serta diseminasi dan implementasi/dissemination and implementation. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, angket, wawancara, dan tes. Subjek penelitian ini siswa dan guru kelas 1 MIN 1 di Palembang, data uji kepraktisan dan keefektifan di MIN 1 Palembang. Selain siswa dan guru, penelitian inijuga melibatkan 3 ahli sebagai validator. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara umum basil penelitian ini berupa produk pengembangan bahan ajar pembelajaran Tematik berbasis Multiple Intelligences, dalam bentuk bahan teks untuk kelas I MIN di Palembang. Secara khusus, diperoleh jawaban dari seluruh prosedur yang dilakukan, mulai tahap identifikasi masalah dan analisis kebutuhan, sampai tahap diseminasi dan implementasi. Bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences yang sudah diujicobakan ini, sudah sesuai dengan kebutuhan di lapangan, sejalan dengan harapan yang disampaikan oleh peserta didik berdasarkan hasil uji kepraktisan, dan memiliki efek potensial berdasarkan hasil uji lapangan. Selanjutnya bahan ajar tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran tematik di sekolah. Hasil penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat membantu guru dalam membelajarkan dan mempraktikkan bahan ajar. Pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences pada siswa kelas I MIN di Palembang agar pembelajaran lebih komunikatif, variatif, dan menyenangkan. Bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan untuk pembelajaran siswa SD/MI kelas 1 semester 2 sudah teruji valid. berdasarkan hasil validasi para ahli tematik, ahli kurikulum dan ahli psikologi diperoleh rata-rata validasi sebesar 97,47 % (Valid/Layak), artinya bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences sudah layak untuk digunakan. Bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan teruji praktis untuk digunakan, berdasarkan hasil tanggapan siswa kelas I MIN 1 Palembang terhadap bahan ajar tematik berbasis Multiple Intelligences mencapai 98,75% (praktis/layak). Bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan juga teruji memiiki keefektifan, berdasarkan hasil uji coba lapangan skala besar, menunjukkan:1) Rata-rata dari hasil pretest kelas eksperimen 64,071 dan pretest kelas kontrol 63,761 dan posttest kelas eksperimen 73,1429 dan posttest kelas kontrol 75.2) Merujuk pada hasil uji t sebesar 67,4268. Setelah dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka menghasilkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas I yang menggunakan bahan ajar tematik berbasis Multiple Intelligences dengan siswa yang menggunakan bahan ajar tematik terbitan penerbit. Keterbatasan penelitian ini, Karena Terbatasnya waktu dan tenaga, sehingga pengembangan bahan ajar Pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences ini hanya terbatas pada Tema ke 5 yaitu Tema Pengalamanku saja, oleh sebab itu perlu adanya pengembangan bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences lanjut. Menjadi rujukan bagi penelitian berikutnya, serta dijadikan referensi sebagai gambaran umum mengenai pengembangan bahan ajar pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar pembelajaran tematik, Multiple Intelligenc
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 May 2019 02:38
Last Modified: 21 May 2019 02:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item View Item