Ani Aryati, Ani (2019) PEMIKIRAN PENDIDIKAN AHMAD DAHLAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
DISERTASI ANI ARYATI.pdf Download (445kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Disertasi berjudul Pemikiran Pendidikan Ahmad Dahlan Dan Implementasinya Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah (Studi Kasus Pada Universitas Muhammadiyah Palembang) ini disusun karena kemajuan diberbagai bidang terutama dalam bidang ilmu pengetahuan membuat lembaga pendidikan Muhammadiyah harus beradabtasi dengan tetap berpedoman pada pemikiran awal berdirinya yang digagas oleh Ahmad Dahlan. Oleh karenanya batasan masalah dari penelitian ini adalah pemikiran pendidikan Islam menurut Ahmad Dahlan, perbedaan pemikiran Islam Ahmad Dahlan dengan pemikiran tokoh pendidikan lain, implementasi pemikiran pendidikan Islam Ahmad Dahlan pada Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Tantangan UMP dalam Menerapkan Pemikiran Pendidikan Ahmad Dahlan, pergeseran pemikiran Ahmad Dahlan dalam Pendidikan di UMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang menggunakan latar belakang alamiah. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi, yaitu melakukan pendekatan pada pengalaman subjektif dari berbagai jenis dan tipe subjek yang ditemui Sumber primer penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara terbuka dan mendalam, sementara sumber sekunder diperoleh dengan cara menelusuri literature yang berkenaan dengan topik penelitian melalui dokumen kelembagaan UMP dan kepustakaan yang membahas mengenai pemikiran Ahmad Dahlan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam Ahmad Dahlan belum tersistematisasi dengan baik, namun sudah menampilkan prinsip-prinsip dasar pendidikan Islam. Ia menekannya bahwa pendidikan Islam harus diorientasikan pada kehidupan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan umat. UMP belum sepenuhnya merealisasikan pemikiran Pendidikan Ahmad Dahlan ini. Pemikiran pendidikan Ahmad Dahlan mengalami pergeseran terutama pada asas pendidikan yang tidak lagi mengacu secara khusus pada Alquran dan Hadits, melainkan pada Undang-undangn sistim pendidikan nasional. Pergeseran lainnya tampak pada aspek kepemimpinan, banyak para pimpinan UMP yang belum menguasai gagasan dan Ide Ahmad Dahlan dalam menggerakkan organisasi dan bahkan nyaris terjebak pada elitisasi yang berakibat berkurangnya keberpihakan pada kaum marginal.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemikiran Pendidikan KH. Ahmad Dahlan, Implementasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 21 May 2019 02:38 |
Last Modified: | 21 May 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3807 |
Actions (login required)
View Item |