LENY MARLINA, LENY (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Studi pada SMA Negeri 6 Palembang). Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Leni Marlina.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan yang diselenggarakan di setiap lembaga pendidikan akan dapat berhasil jika didukung dengan manajemen pendidikan yang baik pada lembaga itu. Begitupun dengan pendidikan agama Islam (PAI) akan menjadi baik jika didukung dengan manajemen yang baik pula, mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), sampai pada pengawasan (controling). SMA Negeri 6 Palembang merupakan satu-satunya SMA Negeri yang ada di kota Palembang sebagai SMA yang mendapat penghargaan dari Pemerintah sebagai sekolah yang unggul dibidang IMTAQ dan keagamaan. Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tiga rumusan masalah, yakni bagaimana manajemen input pendidikan agama Islam (PAI) pada SMA Negeri 6 Palembang, bagaimana manajemen proses pendidikan agama Islam (PAI) pada SMA Negeri 6 Palembang, bagaimana manajemen output dan outcome pendidikan agama Islam (PAI) pada SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen input, manajemen proses, manajemen output dan outcome dari pendidikan agama Islam pada SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya ialah penelitian studi kasus intrinsik yang bersifat kualitatif dengan logika berfikir induktif. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek utama penelitian atau informan kunci (key informants) yakni kepalasekolah. Selain itu, melibatkan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat (humas), guru pendidikan agama Islam (PAI), siswa, alumni, orang tua dan komite sekolah. Adapun tekhnik penentuan sumber data dengan purposive sampling dan snowball sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi baik sumber data maupun teknik pengumpulan data. Untuk tekhnik analisa data melalui reduksi data (data reduction), data display (display data), dan verifikasi data. Untuk tingkat akurasi dan kredibilitas temuan dilakukan melalui beberapa strategi, yakni:member checking, triangulasi, dan auditing. Dari hasil penelitian dan analisa diketahui bahwa pada prinsipnya sebagian besar manajemen input, manajemen proses, manajemen output dan outcome pendidikan agama Islam (PAI) telah terselenggara dan terlaksana dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari beberapa kenyataan yang terjadi di lingkungan SMA Negeri 6 Palembang, meskipun masih ada beberapa catatan yang menunjukkan akan kekurang sempurnaan manajamen pendidikan agama Islam (PAI) yang ada di SMA Negeri 6 Palembang, seperti waktu untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yang masih kurang disiplin, sistem pengawasan yang dilakukan guru, koordinator kegiatan, maupun pimpinan belum tersistem, dan lain sebagainya. Selain dari sisi manajemen, dalam penelitian ini pula tergambar bahwa keunggulan imtaq dan keagamaan yang dimiliki oleh SMA Negeri 6 Palembang ini juga didukung dengan sinergitas antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam (PAI), adanya kesamaan visi antara berbagai komponen sekolah dalam pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah, serta adanya kontinuitas program, kaderisasi, dan kerja sama antara sesama komponen sekolah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemendanpendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 21 May 2019 02:38 |
Last Modified: | 21 May 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3820 |
Actions (login required)
View Item |