“Hubungan antara Kecerasan Emosional dan Kecerdasan Spiritualdengan Akhlak Siswa dan Hubungan Selanjutnya dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMA Plus Negeri 17 Palembang”

Yuswan, Yuswan (2019) “Hubungan antara Kecerasan Emosional dan Kecerdasan Spiritualdengan Akhlak Siswa dan Hubungan Selanjutnya dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMA Plus Negeri 17 Palembang”. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Yuswan.pdf

Download (281kB) | Preview
Official URL: http://pps.radenfatah.ac.id/

Abstract

Akhlak adalah perwujudan kecerdasan emosional (EQ), dan dilatari oleh kecerdasan spiritual (SQ). Cerminan keberhasilan EQ, SQ, dan akhlak dalam pembelajaran adalah nilai sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif antara kecerdasan emosional (X1) dan akhlak (Y), antara kecerdasan spiritual (X2) dan akhlak (Y), antara kecerdasan emosional (X1) dan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Z) antara kecerdasan spiritual(X2) dan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Z), antara kecerdasan emosional (X1) dankecerasan spiritual (X2) secara bersama-sama dengan akhlak siswa, antara kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Z), dan antara akhlak (Y) dan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Z) siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang. Penelitan ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, dilakukan di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Populasi penelitian, siswa kelas XI berjumlah 304 orang, sampelnya 167 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji korelasi dengan produk momen dan untuk menguji regresi dengan path analyze. Berdasarkan analisis data, (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan akhlak siswa , karena Sig. (2-tailed) > α 0,05. (2) Tidak hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, karena Sig. (2-tailed) > α 0,05. (3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan akhlak, karena Sig. (2-tailed) > α 0,05.(4) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, karena Sig. (2-tailed) > α 0,05. (5) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama dengan akhlak, karena Sig. (2-tailed) > α 0,05. Jika X1 sebagai kontrol korelasinya adalah 0,381 > α 0,05 dan jika X 2 sebagai kontrol korelasinya 0,367 > α 0,05, (6) tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti karena Sig. (2-tailed) > α 0,05. Jika X1 sebagai kontrol korelasinya adalah 0,083 > α 0,05 dan jika X 2 sebagai kontrol korelasinya 0,193 > α 0,05, (7) ada hubungan yang signifikan antara akhlak dengan hasil belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, karena Sig. (2-tailed) < α 0,05. Dari hasil perhitungan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,043 yang lebih kecil dari α 0,05.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, akhlak, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 May 2019 02:38
Last Modified: 21 May 2019 02:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item