PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM PRABUMULIH

ELIDA NOVIA, NIM. 14210059 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM PRABUMULIH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Diadakannya perpustakaan sekolah adalah untuk tujuan memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat di lingkungan sekolah yang bersangkutan, khususnya para guru dan murid. Perpustakaan berperan sebagai media dan sarana untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar (PBM) di tingkat sekolah.Apabila pemanfaatan perpustakaan sekolah yang baik akan menambah pengetahuan siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa lebih optimal. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah di MTs Darussalam Prabumulih?; (2) Bagaimana prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Prabumulih?; (3) Adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Prabumulih ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah di MTs Darussalam Prabumulih; (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Prabumulih; (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Prabumulih. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa di MTs Darussalam Prabumulih berjumlah 134, dari jumlah populasi tersebut peneliti tertarik mengambil sampel yang berjumlah 50 siswa pada seluruh kelas dengan menggunakan metode acak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah di MTs Darussalam Prabumulih yang tinggi. Dengan taraf pemanfaatan perpusatakaan yang tinggi mencapai 46% atau dari 23 siswa, selanjutnya ada 12 siswa yang mengungkapkan pendapat pemanfaatan perpustakaan yang berada di taraf sedang atau mencapai 24% dan untuk kategori rendah terdapat 15 siswa yang mengungkapkann pendapatnya atau mencapai 30%. (2) Siswa MTs Darussalam Prabumulih memiliki prestasi belajar yang bervariasi. Kategori tinggi mendapat nilai di atas 79 berjumlah 10 siswa mencapai 20%, kategori sedang mendapat nilai antara 72 hingga 78 berjumlah 33 siswa mencapai 66% dan untuk kategori rendah mendapat nilai dibawah 71 berjumlah 7 orang mencapai 14%. (3) Setelah data dianlisis dengan menggunakan sistem korelasi product moment dan diperoleh r xy sebesar 0,436,kemudian dikonsultasikan tabel r product moment dengan N = 50, maka diperoleh r pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,388. Dikarenakan r tabel (0,436 > 0,388), hasil analisis tersebut menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darussalam Prabumulih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:15
Last Modified: 27 Mar 2019 01:15
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item