PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PELITA PALEMBANG (Skripsi)

Marantika, Aryani (2016) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP PELITA PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Pelita Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desain posstest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Pelita Palembang tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 57 siswa. Dari dua kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII.2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kontrol dan kelas VIII.1 berjumlah 29 siswa sebagai kelas ekperiment. Dengan penentuan sampel teknik random.Penelitian itu dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai ketiga kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan metode discovery learning dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi bangun ruang sisi datar subpokok bahasan limas. Pada pertemuan keempat kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan metode discovery learning didapat t_hitung=10,17 >t_tabel 1,6725 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh metoide discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Pelita Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode discovery learning, kemampuan pemecahan masalah, bangun ruang limas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:08
Last Modified: 28 Apr 2016 04:08
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item