PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG

HENDRA OGARA RAMA SAKTI, NIM. 14210086 (2019) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah konsentrasi belajar sangat penting dimiliki oleh siswa karena optimal atau tidaknya prestasi belajar sangat bergantung pada intensitas kemampuan siswa untuk melakukan konsentrasi dalam proses pembelajaran. Terlihat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang bahwa beberapa siswa kurang konsentrasi seperti masih berbicara dengan teman sebangku, melamun, bahkan ada siswa yang menundukkan kepalanya saat proses pembelajaran berlangsung. Hanya sedikit siswa yang antusias mengikuti proses pembelajaran. Guru membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengondisikan siswa agar kembali konsentrasi pada proses pembelajaran. Penelitian ini akan menjawab permasalahan mengenai Bagaimana konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang? Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang? Adakah pengaruh antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang?. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang yang terdiri dari 9 kelas yaitu kelas VIII.1sampai VIII.9 yang berjumlah 281 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 74 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus Product Moment dan diperkuat dengan Uji t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan statistik, diperoleh hasil yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Palembang dengan hasil rxy = 0,476, diperoleh “r” pada taraf signifikan 5% = 0,232 dan pada taraf 1% = 0,302 atau dapat ditulis 5%<rxy>1%, maka 0,232<0,476>0,302. Melihat hasil rxy lebih besar dari taraf siginifikansi 5% dan lebih besar dari pada taraf signigikansi 1%, maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan atau pengaruh yang signifikan yang sedang antara konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:05
Last Modified: 28 Mar 2019 04:05
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item