Jayati, Maya Dwi (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI POKOK MENUNTUT ILMU KELAS X DI SMA NEGERI 1 PRABUMULIH (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih metode, model, dan strategi yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar atau materi kepada siswa sehingga siswa lebih mudah memahami, mencerna, dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru dan menarik minat mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan mampu memilih media yang sesuai dengan modalitas ataupun gaya belajar yang dimiliki tersebut. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi pokok menuntut ilmu kelas X sebelum menggunakan metode pembelajaran Jigsaw Learning di SMA Negeri 1 Prabumulih. Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Learning pada mata pelajaran PAI kelas X materi pokok menuntut ilmu di SMA Negeri 1 Prabumulih, serta bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi pokok menuntut ilmu kelas X setelah menggunakan metode pembelajaran Jigsaw Learning di SMA Negeri 1 Prabumulih. Jenis penelitian ini adalah peneilitian kuantitatif korelasional, Jenis dan sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari data statistik yang diperoleh dari sumber tangan pertama (first hand data), dan data sekunder berasal dari data statistik yang diperoleh dari sumber tangan kedua (second hand data). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu : Pertama, motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw Learning di kelas X.MIPA.04 SMA Negeri 1 Prabumulih pada mata pelajaran PAI Materi pokok Menuntut Ilmu tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 29 siswa (76,31 %). Kedua, motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran Jigsaw Learning di kelas X.MIPA.03 SMA Negeri 1 Prabumulih pada mata pelajaran PAI Materi pokok Menuntut Ilmu juga tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 30 siswa (81,08 %). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Learning tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji “t” yang menunjukkan bahwa t0 lebih kecil daripada tt yang berarti hipotesis nihil diterima, dengan hasil harga t0 < tt baik pada taraf 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan perincian 2,00 > 1,98 < 2,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Jigsaw Learning pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Prabumulih belum memperlihatkan hasil yang lebih baik dan tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw Learning, motivasi belajar, metode. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 04:33 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 04:33 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/387 |
Actions (login required)
View Item |