UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG RASUL-RASUL ULUL AZMI MELALUI MODEL MAKE A MATCH DI KELAS V SEMESTER II SD.NEGERI 16 BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi)

Yusup, Mat (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG RASUL-RASUL ULUL AZMI MELALUI MODEL MAKE A MATCH DI KELAS V SEMESTER II SD.NEGERI 16 BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Upaya meningkatkan hasil belajar siswa tentang Rasul-rasul Ulul Azmi melalui model make a match di kelas V Semester II SD Negeri 16 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Latar belakang masalah yaitu sebagian Siswa masih belum mampu dalam peningkatan hasil belajar,hal ini dipengaruhi dari faktor internal dari dalam diri siswa dan factor eksternal dari luar atau lingkungan. Lingkungan sangat dominan dalam menentukan pergaulan hidup sehari-hari. Pada penelitian ini menggunakan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan Masalah Peneliti mengajukan rumusan masalah yang akan dibahas yaitu : Bagaimana Upaya meningkatkan hasil belajar siswa tentang Rasul-rasul Ulul Azmi melalui model Make a match di kelas V Semester II SD Negeri 16 Banyuasin III, adapun Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Upaya meningkatkan hasil belajar siswa tentang Rasul-rasul Ulul Azmi melalui model Make a match di kelas V Semester II SD Negeri 16 Banyuasin III terutama siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada dasarnya tujuan dari penelitian ini agar siswa dapat lebih baik dan keberhasilan dapat tercapai. Kajian Pustaka yaitu memiliki fokus yang berbeda sesuai ruang lingkup kajian masing-masing. Serta penelitian pada setiap sekolah dan tempat penelitian, Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. .Metodologi penelitian dilakukan pada lokasi penelitian, waktu penelitian, materi pelajaran deskrifsi, pelaksanaan persiklus, Kesimpulan dari rangkaian penelitian telah dilakukan beberapa prinsif dimulai dari empat tahapan yaitu: 1.perencanaan, 2.pelaksanaan, 3.observasi dan. 4.repleksi. Subjek Penelitian ini Siswa kelas V Semester II SD Negeri 16 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin yang terdiri 6 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan berjumlah 23 siswa. Pada Prasiklus 13 orang yang tuntas (56 %), siklus I siswa yang telah memperoleh nilai 70 mencapai 18 siswa atau rata-rata 78 %. Pada siklus II mencapai ketuntasan 23 siswa dari 23 siswa atau rata-rata 100% Dari hasil pembelajaran dan perbaikan yang telah dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka dapat disarankan kepada rekan-rekan guru agar menguasai dan mencoba menerapkan model pembelajaran terbaru seperti model make a match supaya suasana pembelajaran bisa hidup dan bervariasi tidak membuat siswa tertekan, jenuh dan membosankan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: model make a match, meningkatkan hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:52
Last Modified: 28 Apr 2016 04:52
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item