UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JENIS-JENIS BUDAYA INDONESIA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV MI AL ISHLAH PALEMBANG (Skripsi)

Arif, Arif (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JENIS-JENIS BUDAYA INDONESIA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV MI AL ISHLAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV & BAB V.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MI.Al-Ishlah Palembang dengan subjek pelaku tindakan guru, 1 orang guru dan subjek penerima tindakan adalah 37 siswa kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis budaya indonesia di kelas IV MI.Al-Ishlah Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya materi jenis-jenis budaya indonesia di kelas IV MI.Al-Ishlah Palembang, juga diharapkan bermanfaat bagi siswa , peneliti, maupun orang tua murid. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas IV MI.Al-Ishlah Palembang sebanyak 37 siswa yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu : observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II. Dalam penelitian pra siklus siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 16%, setelah dilakukan tindakan dengan metode snowball throwing , ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 54% , dilanjutkan siklus II siswa yang mengalami ketuntasan belajar meningkat menjadi 100%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode snowball throwing dikatakan berhasil disebabkan siswa lebih aktif mengikuti proses pembelajaran pada materi jenis-jenis budaya indonesia pada mata pelajaran PKn di kelas IV MI.Al-Ishlah Palembang dibandingkan sebelum menggunakan metode snowball throwing, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa mengalami kemajuan. Dengan penggunaan metode snowball throwing juga dapat menjadikan siswa senang serta percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode snowball throwing, meningkatkan hasil belajar, PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:54
Last Modified: 28 Apr 2016 07:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item