Rejeki, Sri (2016) IMPLEMENTASI SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Sri Rejeki_AdaSKI.pdf Download (413kB) | Preview |
Abstract
Perpustakaan sekolah adalah salah satu jenis perpustakaan yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah. Perpustakaan ideal ialah perpustakaan yang sudah menerapkan sistem otomasi perpustakaan untuk membantu kegiatan pengelolaan perpustakaan. Skripsi ini berjudul “Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan Sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang”. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang 1) Bagaimana Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan Sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang. 2) Kendala apa saja yang dihadapi oleh pustakawan dan pemustaka atau pengguna perpustakaan dalam Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan Sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Sedangkan tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui Implementasi sistem otomasi perpustakaan sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang. 2) Untuk mengetahui kendala dan permasalahan apa saja yang dihadapi oleh pustakawan dan pemustaka atau pengguna perpustakaan dalam melakukan Implementasi sistem otomasi perpustakaan sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yang artinya penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah (mendeskripsikan) yang ada sekarang berdasarkan data-data yang mengenai Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan Sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Sumber informasi penelitian ini adalah kepala perpustakaan, pegawai perpustakaan, siswa atau pengguna perpustakaan sebagai informan, teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara yang berhubungan dengan penelitian penulis. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data serta penarikkan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Otomasi perpustakaan sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang sudah berjalan dengan baik tetapi belum memenuhi komponen-komponen sistem otomasi yaitu perangkat keras, perangkat lunak, sumber daya manusia dan prosedur. Sistem otomasi dimanfaatkan untuk kegiatan pengolahan koleksi khususnya untuk penginputan buku. Kegiatan penginputan data buku yang diterapkan disana meliputi judul buku, pengarang, jumlah buku, klasifikasi, subjek dan ISBN akan tetapi subjek sering kali tidak diketik saat melakukan penginputan data buku. Seharusnya database yang ada dikomputer diinput semua oleh pustawakan karena sumber-sumber informasi yang ada di buku sangat diperlukan oleh pemustaka. Untuk layanan penelusuran informasi atau OPAC (Online Public Access Catalogue) sudah diterapkan disana akan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemustaka. Layanan sirkulasi belum menerapkan otomasi disana sehingga penerapan sistem otomasi belum maksimal. 2) Kendala yang dihadapi oleh pustakawan dan pemustaka atau pengguna perpustakaan dalam Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan Sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang bahwa penerapan layanan sirkulasi belum menggunakan otomasi dikarenakan sumber daya manusia tidak ada di bagian pengolahan koleksi. Sumber daya manusia disana ada 4 orang maka diperlukan sumber daya manusia untuk bagian pengolahan koleksi. Kegiatan pengolahan koleksi atau penginputan data buku tidak diketik semuanya oleh karena itu menyulitkan pemustaka untuk memanfaatkan OPAC (Online Public Access Catalogue) dan pemustaka cenderung langsung ke rak buku. Komputer disana hanya ada 1 sehingga pemustaka harus mengantri lama dan komputernya sering error atau loadingnya lambat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perpustakaan, OPAC (Online Public Access Catalogue), Otomasi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 08:19 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 08:19 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/405 |
Actions (login required)
View Item |