EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X AKUNTANSI SMK MATEMATIKA 1 PALEMBANG (Skripsi)

Wulandari, Oktaviany (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X AKUNTANSI SMK MATEMATIKA 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Oktaviany Wulandari_TarMat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama proses pembelajaran serta dalam mengerjakan soal-soal non rutin. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pendekatan open-ended agar kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, hal ini dapat mempengaruhi tingkat efektivitas dari proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Palembang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design dan menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap pemecahan masalah matematika sebelum pelaksanaan pembelajaran, sedangkan post-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa setelah diterapkan perlakuan pembelajaran. Kemudian hasil pre-test dan post-test akan dicari nilai gain yang digunakan untuk melihat pengaruh yang didapatkan dalam penelitian. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diukur dengan nilai gain yaitu selisih nilai post-test dan pre-test. Berdasarkan uji normalitas nilai gain pada kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal sehingga uji hipotesis dengan uji-t dapat dilakukan, Ho ditolak jika thitung > ttabel. Hasil perhitungan pada uji hipotesis diperoleh 3,1639 (> 1,9901 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pendekatan open-ended terhadap peningkatan rata-rata nilai gain kelas eksperimen daripada kelas kontrol dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan effect size 0,75 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pendekatan open-ended, kemampuan pemecahan masalah matematika, efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 06:39
Last Modified: 02 May 2016 06:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item