PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi)

Wulandari, Merisa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Peran guru di dalam proses pendidikan begitu besar, guru merupakan orang yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran, Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih metode, model, media dan strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar atau materi kepada siswa sehingga siswa lebih mudah memahami, mencerna, dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru dan menarik minat mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan mampu memilih media yang sesuai dengan modalitas ataupun gaya belajar yang dimiliki siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mastery Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam. jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen, dengan menggunakan data kuantitatif. penelitian eksprimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh Treatment (perlakuan) tertentu. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 dan XI IIS 3 sebagai sampel. Sedangkan sumber data sekunder adalah hal-hal yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji t. hasil Uji “t” menyatakan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan setelah penerapan model Mastery Learning dikelas XI IIS 3 (kelas eksperimen), mengalami perbedaan yang signifikan dibandingkan sebelum penerapan model Mastery Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam, yakni t_t t.s 5 % < t_o > t_t t.s 1 % , atau 2.00 < 4.896. > 2.65, ini berarti Hipotesis Alternatif diterima, yaitu terdapat pengaruh yang sangat berarti (signifikan) hasil belajar siswa Kelas XI IIS 3 (kelas eksperimen) antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Mastery Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Hasil Uji “t” menyatakan bahwa tidak ada perbedaan antara sebelum dan setelah diberikan perlakuaan dikelas XI IIS 2 (kelas kontrol), yakni t_t t.s 5 % < t_o< t_t t.s 1 % , atau 2.00 < 0,760 < 2.65, ini berarti Hipotesis nihil ditolak, yaitu tidak terdapat pengaruh yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas XI IIS 2 (kelas kontrol). Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dengan begitu berarti ada perbedaan atau peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya model Mastery Learning, terbukti juga dengan adanya kelas kontrol dapat menjadi perbandingan dalam melihat dari hasil analisi uji t.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Treatment, metode pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 08:49
Last Modified: 02 May 2016 08:49
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item