PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KABUPATEN OKU TIMUR (Skripsi)

Puryanti, Eris (2016) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KABUPATEN OKU TIMUR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SKI yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sangat menarik sekali jika disampaikan oleh guru dengan metode yang inovatif, sedangkan metode yang selama ini digunakan oleeh guru dalam menyampaikan materi SKI terkenal metode konvensional saja. Salah satu metode yang inovatif tersebut adalah metode cooperative script. Metode cooperative script adalah metode yang membagi siswa secara berpasang-pasangan untuk merangkum lalu mengikhtisarkan hasil rangkumannya secara lisan. Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode cooperative script pada mata pelajaran SKI kelas V, bagaimana hasil belajar siswa kelas Vdengan menerapkan metode ceramah, dan yang menerapkan metode cooperative script pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten OKU Timur, lalu apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas V yang menerapkan metode ceramah dan yang menerapkan metode cooperative script pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kab. OKU Timur. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Menggunakan metode eksperimen dengan desain intact group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Nurul Huda Kabupaten OKU Timur yang berjumlah 146 siswa, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas V yang berjumlah 24 siswa. Berhubung kelas V tidak mempunyai kelas paralel, maka peneliti membagi kelas V menjadi 2 kelompok yakni kelompok eksperimen (menerapkan metode cooperative script) dan kelompok kontrol (menerapkan metode ceramah) masing-masing berjumlah 12 siswa. Jenis data yang penulis gunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan sumber datanya adalah primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis dalam skripsi ini adalah menggunakan t tes untuk mengetahui adanya perbedaan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Persentase hasil nilai kelompok eksperimen terkategori tinggi 3 orang (25%), sedang 8 orang (66,7%) dan rendah 1 orang (8,3%). Untuk hasil nilai kelompok kontrol terkategori tinggi 2 orang (16,7%), sedang 8 orang (66,7%), dan rendah 2 orang (16,7%). Berdasarkan analisis data dengan rumus t tes adalah nilai perhitungan t-tes lebih besar daripada t-tabel, baik pada taraf 5% maupun 1% dengan rincian 2,07 < 3,470 > 2,82 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V antara siswa yang menerapkan metode cooperative script dan yang menerapkan metode ceramah pada mata pelajaran SKI materi Fathu Makkah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten OKU Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode cooperative script, intact group comparison, penerapan metode.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 05:21
Last Modified: 03 May 2016 05:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item