KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA DALAM MEMILIH FENOMENA DIDAKTIS MATEMATIS

Arifin, Sujinal (2014) KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA DALAM MEMILIH FENOMENA DIDAKTIS MATEMATIS. Istinbath (13). ISSN 14125730

[img]
Preview
Text
Artikel Sujinal Arifin.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji tentang Fenomena didaktis matematis apa saja yang dapat digunakan mahasiswa di dalam pembelajaran matematika; dan (2) Mengkaji alasan pemilihan Fenomena didaktis matematis tersebut dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk memberikan gambaran atau deskripsi kemampuan mahasiswa dalam mengeksplorasi fenomena didaktis matematis. Deskripsi ini difokuskan pada kemampuan mahasiswa dalam mengenali dan memilih fenomena didaktis yang nantinya dituangkan dalam LKS dan RPP, serta kemampuan menggunakannya dalam pembelajaran micro. Sampel penelitian adalah 28 orang mahasiswa tadris matematika semester VI yang mengontrak mata kuliah microteaching pada tahun akademik 2013/2014. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah dokumen yang memuat fenomena didaktis dan angket. Penelitian ini dianalisis dengan cara menguraikan hasil analisis dokumen dan hasil angket. Proses analisis data dilakukan dengan mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori, dan uraian dasar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) fenomatis didaktis matematis yang banyak digunakan praktikan dalam pembelajaran matematis di antaranya, kotak, buah, dan diskon, (2) Alasan pemilihan Fenomena didaktis matematis umumnya dipengaruhi tidak adanya pilihan fenomena didaktis lain yang ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fenomena didaktis matematis, eksplorasi, microteaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Sujinal Arifin
Date Deposited: 15 Oct 2016 04:17
Last Modified: 15 Oct 2016 04:17
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item