PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG (Skripsi)

Apriliani, Winda (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di smp nurul iman Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desain posttest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII yang ada di SMP Nurul Iman Palembang yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 175 siswa. Dari empat kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VII.2 dengan jumlah 45 siswa sebagai kontrol dan kelas VII.1 berjumlah 43 siswa sebagai kelas ekpriment. Dengan penentuan sampel menggunakan cluster sampling. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan.Pada pertemuan pertama dan kedua dilakukan pembelajaran yang diberi perlakuan yaitu strategi pembelajaran problem solving sebagai kelas eksprimen dan kelas kontrol dengan metode ceramah pada materi operasi hitung pada bilangan pecahan. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan strategi pembelajaran problrm solving didapat t_hitung=7,35 >t_tabel 1,684 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh positif strategi pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP NURUL IMAN Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Problem Solving, hasil belajar siswa, Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 May 2016 04:28
Last Modified: 04 May 2016 04:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item