PENGARUH MANAJEMEN SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SAMPAI VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM DESA LUBUK SEGONANG KEC, KANDIS KAB, OGAN ILIR (Skripsi)

Choirudin, Choirudin (2016) PENGARUH MANAJEMEN SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SAMPAI VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM DESA LUBUK SEGONANG KEC, KANDIS KAB, OGAN ILIR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Manajemen Sarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Sampai VI di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Desa Lubuk Segonang”. Dilatarbelangkangi oleh pentingnya peran sarana dalam memperlancar pelaksanaan proses pembelajaran. Untuk itu dalam rangka mengatur sarana di madrasah di gunakan suatu pendekatan administratif yang disebut dengan manajemen sarana pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi bagaimana manajemen sarana MID Lubuk Segonang, bagaimana hasil belajar siswa kelas 1 sampai VI di MID Lubuk Segonang, dan bagaimana pengaruh manajemen sarana terhadap hasil belajar siswa kelas 1 sampai VI di MID Lubuk Segonang, Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sarana pada terhadap hasil belajar siswa kelas 1 sampai VI, dan pengaruh manajemen sarana pada terhadap hasil belajar siswa kelas 1 sampai VI di MID Lubuk Segonang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil dan mengumpulkan data dari lingkungan. Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa terdiri 41 siswa dari kelas 1. IPA tahun ajaran 2012/2013 dan 18 siswi dari kelas VI. IPA tahun ajaran 2013/2014. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang berupa angka dan data kualitatif, yaitu data yang berupa pernyataan-pernyataan. Dan instrument pengumpulan data (IPD) yang digunakan, yaitu: Observasi digunakan untuk mengetahui manajemen sarana. Angket disebarkan kepada kepala madrasah, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, dan guru TU. Wawancara ditujukan kepada kepala madrasah, dan waka sarana dan prasarana, digunakan untuk memperkuat angket dan menganalisis angket. Dokumentasi ditujukan kepada guru TU dan waka kurikulum, digunakan untuk menghimpun data tentang jumlah guru dan siswa, dan hasil belajar siswa dengan melihat raport atau legger pada mata pelajaran IPA dari kelas 1 sampai VI tahun ajaran 2012/2013 dan tahun ajaran 2013/2014. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentase hasil angket manajamen sarana terhada hasil belajar siswa di MID Lubuk Segonang, 2,90% tergolong tingkat amat baik, 2,75% tergolong baik, 1,70% tergolong cukup, dan tergolong kurang baik, dengan persentase 1,30%. Sedangkan hasil nilai raport siswa kelas 1sampai VI tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah nilai 4550, sedangkan siswa kelas 1 sampai VI tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah nilai 4605. Dan ada pengaruh manajemen sarana terhadap hasil belajar siswa kelas 1 sampai VI jurusan IPA di MID Lubuk Segonang, ini di lihat dari hasil nilai tₒ= 0,96, sedangkan pada pada taraf signifikan 5% t_t= 2,01, pada taraf signifikan 1% t_t= 2,68, karena tₒ telah di peroleh sebesar 0.96, sedangkan t_t= 2,01 dan 2,68 maka tₒ adalah lebih besar dari pada t_t, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian Hipotesis Alternatif di terima, berarti ada pengaruh manajemen sarana terhadap hasil belajar siswa kelas 1 sampai VI di MID Lubuk Segonang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana, Hasil Belajar, proses pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 May 2016 04:56
Last Modified: 04 May 2016 04:56
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item