PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PENGABUAN KABUPATEN PALI (Skripsi)

Rantika, Rantika (2016) PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PENGABUAN KABUPATEN PALI (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
RANTIKA_TarPGMI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten PALI, untuk mengetahui apakah penggunaan media Teka Teki Silang berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten PALI, sebelum dan setelah tindakan pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode Teka Teki Silang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengunaan media teka teki silang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Itidaiyah Nurul Iman Pengabuan? bagaimana hasil belajar siswa menggunakan media teka teki silang pada pembelajaran bahasa Arab di madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten PALI ? apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media teka teki silang pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten PALI? Adapun pengambilan sampel dalam peneltian ini, penulis hanya mengambil kelas II sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 siswa berdasarkan Simple random sampling.teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji “t”. Dengan demikian, hasil eksperimen yang penulis lakukan menunjukan hal-hal sebagai berikut: Pertama hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi penegnalan angka 1-10 di kelas II madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan sebelum diterapkanya media Teka Teki Silang nilai siswa yaitu 56,11 (pre-test) mengalami peningkatan nilai mean setelah diterapkannya media Teka Teki Silang meningkat menjadi 79,44 (post-test). Kedua, ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pre-test dan post-test yang dapat diinterprestasikan bahwa Hipotesis Nihil ditolak yaitu tt 5% < to > tt atau 2,11< 11,73> 2,90. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab sebelum dan setelah menggunakan media Teka Teki Silang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teka Teki Silang, meningkatkan hasil belajar, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 May 2016 05:42
Last Modified: 04 May 2016 05:42
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item