Sriwijayanto, Sopan (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU TENTANG PERPUSTAKAAN DENGAN KREATIVITAS DALAM MENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PAYARAMAN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan oleh Sopan Sriwijayanto dengan judul Hubungan Pengetahuan Guru tentang Perpustakaan dengan Kreativitas dalam Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 09 Payaraman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena objek yang diteliti dalam penelitian kualitatif lebih bersifat interaktif atau saling mempengaruhi antar variabel (variabel X dan Y). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengetahuan guru tentang perpustakaan? 2) Bagaimana kreatifitas guru dalam mengelola perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 09 Payaraman? 3) Bagaimana hubungan pengetahuan guru tentang perpustakaan dengan kreatifitas dalam mengelola perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 09 Payaraman? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru tentang perpustakaan dan kreativitas guru dalam mengelola perpustakaan, serta untuk mengetahui hubungan pengetahuan guru tentang perpustakaan dengan kreativitas dalam mengelola perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 09 Payaraman. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 09 Payaraman di Desa Seri Kembang I, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang perpustakaan sudah cukup baik, pengelolaan sudah cukup baik namun masih belum memenuhi standar pengelolaan perpustakaan sekolah yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI), dan juga dengan pengetahuan yang cukup maka guru pengelola perpustakaan dapat mengeluarkan kreativitas berupa pemberian nomor klasifikasi bahan pustaka dengan cara baru dan mengeluarkan kebijakan membaca di rumah untuk meningkatkan minat baca siswa. Mengenai hubungan pengetahuan guru tentang perpustakaan dengan kreativitas dalam mengelola perpustakaan ini berkaitan erat, dan ada hubungan interaktif antara pengetahuan guru dengan kreativitas dan krativitas guru dengan pengetahuan. Yang mana pengetahuan guru pengelola tentang perpustakaan dapat menimbulkan kreativitas dalam memberikan nomor klasifikasi bahan pustaka dan mengeluarkan kebijakan membaca di rumah. Dan juga kreativitas pemberian nomor klasifikasi dengan cara baru dan beda itu dapat menjadi pengetahuan baru bagi pengelola-pengelola perpustakaan lain yang kurang paham dengan sistem klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC). Serta kreativitas mengeluarkan kebijakan membaca di rumah juga dapat menjadi pengetahuan baru bagi pengelola perpustakaan sekolah lain dalam meningkatkan minat baca di kalangan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 09 May 2016 02:58 |
Last Modified: | 09 May 2016 02:58 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/510 |
Actions (login required)
View Item |