Efektivitas Pemasaran Jasa Informasi Melalui Sistem Information and Communication Technology (ICT) di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya Inderalaya (Skripsi)

Armita, Indri (2016) Efektivitas Pemasaran Jasa Informasi Melalui Sistem Information and Communication Technology (ICT) di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya Inderalaya (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Indri Armita_AdabIlmPerp.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan perguruan tingi merupakan jantung bagi suatu universitas. Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini menyebabkan perpustakaan tidak hanya menjadi tempat menyimpan buku, tetapi lebih dari itu, yaitu menjadi sumber atau tempat mencari informasi yang dapat ditemukan di perpustakaan.Perpustakaan mempunyai peran sebagai agen perubahan, karena perpustakaan tidak lepas dari perannya sebagai pusat pendidikan. Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Pemasaran Jasa Informasi Melalui Sistem Information Communication and Technology (ICT) bagi Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya Inderalaya. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, apa saja jasa informasi yang tersedia di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya, berapa luas sebaran Information Communication and Technology (ICT) ke tengah khalayak pengguna(use), berapa korelasi tinggi rendahnya pengguna jasa informasi setelah tersosialisasinya system Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jasa informasi apa saja yang dimiliki perpustakaan, untuk mengetahui luas sebaran ICT, dan untuk mengetahui tinggi rendahnya jumlah pengguna jasa informasi di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan objek penelitian ini adalah pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya Indralaya. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya berjumlah 1040 mahasiswa selama bulan September 2015. Sampel diambil 1% dari jumlah populasi, sesuai dengan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu sesuai taraf kesalahan. sehingga dari 1040 mahasiswa ditentukan 1% sebanyak 399 mahasiswa sebagai responden. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah ini yaitu ada pengaruh yang signifikan antara pemasaran jasa informasi dan sistem Information Communication and Technology (ICT), pada perhitungan dengan korelasi product moment pada perhitungan dengan korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,505 sedangkan tabel dengan N= 399 taraf signifikan R1% maupun R5% (0,148<0,505>0,113). Hasil menunjukkan bahwa semakin baik sistem Information Communication and Technology (ICT) yang digunakan oleh perpustakaan maka akan semakin efektif pemasaran jasa informasi pada perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan, Information Communication and Technology (ICT), korelasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 May 2016 04:20
Last Modified: 09 May 2016 04:20
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item