EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi)

Sari, Mega (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS PERMAINAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Mega Sari_TarPGMI.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino Matematika Terhadap Proses Belajar siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena MI ini belum pernah memakai Alat Peraga di dalam proses pembelajaran Matematika. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino Matematika untuk melihat hasil atau perbedaannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas belajar siswa dalam pembelajaran menentukan nilai tempat pada bilangan cacah sebelum menggunakan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino Matematika di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang? Bagaimana efektivitas belajar siswa dalam pembelajaran menentukan nilai tempat pada bilangan cacah sesudah menggunakan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino Matematika di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang? Bagaimana Perbandingan efektivitas belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino Matematika di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino Matematika Terhadap Proses Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasy Experimental Design, subjek penelitian ini adalah siswa kelas III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka dan diperjelas dengan narasi deskriftif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Muhajirin Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dan Tes. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Adapun hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa Efektivitas penggunakan Alat Peraga Berbasis permainan Domino Terhadap Proses Belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bilangan cacah tergolong baik. hasil belajar siswa pada Tes II mengalami peninggkatan skor mean jika dibandingkan dengan Tes I yaitu 6,1 ( Tes I) meningkat menjadi 9 ( Tes II). Sedang untuk uji perbandingan didapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (to = 8,94) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t ( tt.ts. 1% = 2,77) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt ; yaitu 8,94>2,77. Jadi, karena to lebih besar daripada tt maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya Efektivitas dalam menggunakan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino terhadap Proses belajar siswa kelas III MI Muhajirin Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Domino, Alat Peraga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 May 2016 06:41
Last Modified: 09 May 2016 06:41
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item