MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Skripsi)

Sari, Ema (2016) MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman, tuntutan kebutuhan masyarakat dalam dunia pendidikan semakin tinggi, selama ini pendidikan Islam dianggap mutunya lebih rendah daripada mutu pendidikan lainnya. Padahal pendidikan Islam seharusnya menjadi nilai “plus” karna disamping memberikan materi umum juga menanamkan ajaran agama pada rana kognitif, etika, moral dan tingkah laku. Pendidikan Islam dituntut harus mengalami perubahan. Pendidikan Islam harus mampu memberikan jaminan mutu, layanan yang prima, serta mampu mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada peserta didik, orangtua, dan masyarakat. Dengan demikian dunia pendidikan mengadopsi manajemen mutu terpadu dari dunia industri untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat terhadap mutu pendidikan, padahal sebenarnya konsep tersebut sudah ada di dalam Al-qur’an dan Hadits. Jika kita menkaji lebih dalam maka kualitas pendidikan Islam akan lebih baik dan masyarakat sebagai konsumen pendidikan merasa puas dengan hasil output dari pendidikan tersebut. Untuk itu penulis berkeinginan untuk mengambil judul “Manajemen Mutu Terpadu Dalam Konsep Pendidikan Islam”. Adapun yang menjadi Rumusan Masalah disini adalah Bagaimana Konsep Manajemen Mutu Terpadu, Bagaiamana Konsep Pendidikan Islam dan Bagaimana Manajemen Mutu Terpadu Dalam Konsep Pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui dan menggali tentang Manajemen Mutu Terpadu Dalam Konsep Pendidikan Islam, sehingga dapat digambarkan secara jelas bagaimana Manajemen Mutu Terpadu Dalam Konsep Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kepustakaan (library reseach) yakni dengan meneliti atau mengkaji literatur yang membahas atau mengetengahkan permasalahan yang ada. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yaitu data berupa keterangan dan informasi yang diperoleh dari literatur (buku-buku) yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun hasil dari penelitian ini, dapat dipahami bahwa dalam pendidikan Islam terdapat ajaran-ajaran yang dapat dijadikan landasan lahirnya konsep manajemen mutu terpadu, dan masih memungkinkan di dalamnya terdapat landasan yang dapat melahirkan konsep-konsep baru apabila dikaji dan diteliti secara mendalam oleh umat Islam. Dengan memahami dan mengkaji Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber pendidikan Islam maka akan terlihat jelas bahwa manajemen mutu terpadu yang senantiasa berorientasi pada mutu dan perbaikan secara terus-menerus sudah ada dalam Islam. Bukan hanya konsep manajemen mutu terpadu tapi juga karakteristik maupun prinsip dari manajemen mutu terpadu juga sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Oleh karna itu, pendidikan Islam harus mampu mengaplikasiannya dalam mengelola pendidikan, sehingga dapat menghasilkan generasi penerus Bangsa yang tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dapat bersaing serta akhlakul karimah yang baik tapi juga mampu memberi kepuasan kepada masyarakat melalui proses pendidikan dan outcome yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu, outcome, Pendidikan Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 May 2016 08:30
Last Modified: 09 May 2016 08:30
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item