PENERAPAN METODE TRADING PLACE PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM MATERI PERILAKU TERPUJI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA (MATEMATIKA IPA) I SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG (Skripsi)

Apriadi, Waras (2016) PENERAPAN METODE TRADING PLACE PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM MATERI PERILAKU TERPUJI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA (MATEMATIKA IPA) I SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Waras Apriadi_TarPai.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di Sekolah Menengah Atas sangat menarik sekali jika disampaikan oleh guru dengan model atau metode pembelajaran yang inovatif, sedangkan model atau metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam terkenal metode yang konvensional saja. Salah satu model atau metode yang inovatif tersebut adalah metode trading place, metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik lebih mengenal, tukar menukar pendapat dan mempertimbangkan gagasan, nilai atau pemecahan baru terhadap berbagai masalah. Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas XI MIA I sebelum diterapkan metode trading place pada mata pelajaran Al-Islam materi perilaku terpuji di SMA Muhammadiyah 6 Palembang?, bagaimana hasil belajar siswa kelas XI MIA I setelah diterapkan metode trading place pada mata pelajaran Al-Islam materi perilaku terpuji di SMA Muhammadiyah 6 Palembang?, dan bagaimana pengaruh penerapan metode Trading Place pada mata pelajaran Al-Islam materi perilaku terpuji terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 6 Palembang?. Analisis dalam skripsi ini adalah menggunakan tes t untuk mengetahui adanya pengaruh antara hasil belajar kelas XI MIA I sebelum dan sesudah diterapkannya metode trading place. Presentase nilai hasil belajar sebelum diterapkan metode trading place yang dikategorikan tinggi 3 orang siswa (12,5%), sedang17 orang siswa (70,83%), dan rendah 4 orang siswa (16,67%). Untuk nilai hasil belajar setelah diterapkan metode trading place dikategorikan tinggi 7 orang siswa (29,17%), sedang 14 orang siswa (58,33%), dan rendah 3 orang siswa (12,5%). Dari perhitungan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan metode trading place terdapat hasil perbandingan yaitu 74,16 – 60 = 14,16. Berdasarkan analisis data dengan rumus tes t didapat nilai perhitungan tes t lebih besar dari pada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rician 2,07 < 11,89 > 2,81 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh hasil belajar sebelum diterapkan metode trading place dengan setelah diterapkan metode trading place siswa kelas XI MIA I mata pelajaran Al-Islam materi perilaku terpuji di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Penerapan trading place berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode trading place, Pembelajaran, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 May 2016 07:55
Last Modified: 11 May 2016 07:55
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item