IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MATERI ZAKAT KELAS X DI MAN 2 PALEMBANG (Skripsi)

Efriliyanti, Lia (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MATERI ZAKAT KELAS X DI MAN 2 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Logis-Matematis terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh materi Zakat Kelas X di MAN 2 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran mata pelajaran Fiqh materi zakat di MAN 2 Palembang masih menggunakan metode yang tidak sesuai dengan materi sehingga siswa kurang mengerti pembahasan tentang zakat. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk mendapatkan hasil belajar yang baik pada materi zakat dengan menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan logis-matematis. Dengan pembelajaran berbasis kecerdasan logis-matematis diharapkan siswa dapat memahami materi pembelajaran dan dapat mengelola ketentuan dari zakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan logis-matematis pada materi zakat di MAN 2 Palembang, serta adakah pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan treatment, dan untuk mengetahui adakah pengaruh dari implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan logis-matematis pada materi zakat di kelas X MAN 2 Palembang. Adapun metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 43 siswa dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 45 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni pre-test post-test control group design dan data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kelas ekpserimen dan kelas kontrol. Untuk menjawab rumusan masalah maka teknis analisis data yang digunakan adalah uji “T” yang mana jika (thitung > ttabel) Ha diterima maka ada pengaruh yang signifikan dan jika (thitung <ttabel) H0 ditolak maka tidak ada pengaruh yang signifikan. Uji “T” dapat dilihat dari hasil belajar pre-test dan post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari hasil belajar pada mata pelajaran Fiqh materi zakat dengan menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan logis-matematis di kelas eksperimen dan menggunakan metode ceramah di kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pre-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 3,26>1,99. Sedangkan hasil belajar post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 10,7>1,99. Dari kedua hasil tersebut Ha diterima dan H0 ditolak, maka ada pengaruh dari penggunaan pembelajaran berbasis kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Logis-Matematis, Hasil Belajar, Implementasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 May 2016 08:39
Last Modified: 11 May 2016 08:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item