UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL HIDAYAH DESA SUBAN BARU KEC. KELEKAR KAB. MUARA ENIM (Skripsi)

Pratiwi, Eka Fitria Rianti (2016) UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL HIDAYAH DESA SUBAN BARU KEC. KELEKAR KAB. MUARA ENIM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Eka Fitria Ranti Pratiwi_TarPGMI.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Seorang guru mempunyai tanggung jawabsangatlah besar dalam mendidik, karena salah satu diantaranyaadalah tentang kesulitan belajar siswadan masalah-masalah yang dialami siswa dalam kelas, maka seorang seorang guru harus dapat mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa yang dialami oleh siswa-siswanya. Adapun permasalahn yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MIMambaul Hidayah, apa saja faktor penyebab kesulitan belajar siswa di MI Mambaul Hidayah, dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MI Mambaul Hidayah desa Suban Baru Kec Kelekar kab Muara Enim, sedangkan tujuannya adalah ntuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab kesulitan, mengetahui upaya guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran Qur’an Hadits di MI Mambaul Hidayah Desa Suban Baru Kec Kelekar Kab Muara Enim. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informen penelitian ini guru mata pelajaran Qur’an Haditsyang berjumlah 3 orang. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan data yang telah di kumpul kemudian dianalisadengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pertama, kesulitan belajar yang dialami siswa mata pelajaran Qur’an Hadits yaitu siswa mengalami kesulitan baca tulis Al Qur’an, kedua, faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits yaitu karena kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran, keterbatasan waktu, kurangnya motivasi dari orang tua, pengaruh lingkungan sosial, keadaan ekonomi rendah membuat anak merasa terbebani dan kurang semangatnya dalam belajar sehingga upaya yang dilakukan sulit untuk diterima, ketiga, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa di MI Mambaul Hidayah Desa Suban Baru Kec Kelekar kab Muara Enim adalah dengan memberikan pelajaran tambahan les/privat, membiasakan untuk menulis arab, menterjemahkan ayat-ayat Qur’an dan Hadits-hadits, memberikan pinjaman buku paket dan memoto-copykan, memberikan pujian dan motivasi dan dorongan terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: deskriptif kualitatif, kesulitan belajar, minat siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 May 2016 08:36
Last Modified: 13 May 2016 08:36
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item