UPAYA MENINGKATKAH HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGENAL SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV MI AL MANAR SUKA MENANG KEC.GELUMBANG KAB. MUARA ENIM (Skripsi)

Fitriyani, Fitriyani (2016) UPAYA MENINGKATKAH HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGENAL SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV MI AL MANAR SUKA MENANG KEC.GELUMBANG KAB. MUARA ENIM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SETTING WILAYAH.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Mengenal Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing di MI Al Manar Suka Menang Kec, Gelumbang Kab, Muara Enim”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran IPS sebagai respons karena rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah penerapan model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Al Manar Suka Menang Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim. Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Al Manar Suka Menang Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim Penelitian ini dilakukan di MI Al Manar Gelumbang dengan 2 siklus. Pada siklus pertama siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snomball throwing, hal ini terjadi karena siswa sudah terbiasa menerima informasi secara langsung melalui buku teks dan guru. Di lain sisi guru sebagai peneliti dalam PTK ini juga belum maksimal dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Dalam siklus kedua sikap siswa sudah mulai antusias dalam proses pembelajaran dan menunjukkan hasil yang sangat baik. Selain itu guru juga sudah baik menerapkan model pembelajaran ini dalam pelaksanaannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap siswa dan guru. Hasil tes siswa menunjukkan peningkatan dari 62 (prasiklus) sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing menjadi 71,5 (siklus 1) dan 80,5 (siklus 2) setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe snowball throwing. Dari hal pelaksanaan PTK siklus pertama dan kedua, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopeartif tipe snowball throwing dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas IV MI AL Manar Gelumbang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tipe Snowball Throwing, Meningkatkan Hasil Belajar, Kooperatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 May 2016 07:04
Last Modified: 16 May 2016 07:04
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item